Infokaltim.id Tenggarong- Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Angkatan II tahun 2024 dimulai. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Fatma Tenggarong, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (15/07/2024).
Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari, sejak tanggal 15-18 Juli 2024, diprakarsai oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar. Dengan mendatangkan narasumber dari Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural Lembaga Administrasi Negara (LAN).
Sekretaris BKPSDM Kukar, Rokip, Bimtek Pengelolaan ASN ini, bertujuan untuk mendukung transformasi organisasi yang dilakukan Pemda Kukar. Perlu adanya dukungan manajemen kinerja yang efektif, sehingga terbangun kompetensi dalam mengelola kinerja ASN.
Melalui bimtek ini pula, peserta harus mampu memahami konsep dan kebijakan pengelolaan kinerja. Menyimulasikan perencanaan kinerja organisasi, serta pelaksanaan, pemantauan dan pembinaan kinerja pegawai.
“Terakhir mampu mensimulasikan penilaian kinerja pegawai dan tindak lanjut hasil evaluasi kinerja pegawai untuk kemudian diterapkan ditempat kerja masing-masing,” jelas Rokip.
Sementara itu, Sekda Kukar, Sunggono, mengatakan kehadiran peserta yang hadir merupakan bentuk komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas kinerja. Serta pelayanan publik di Kabupaten Kukar. Karena bentuk upaya Pemda Kukar dalam meningkatkan kompetensi ASN di bidang pengelolaan kinerja.
“Pengelolaan kinerja juga merupakan bagian penting dalam Manajemen ASN yang bertujuan untuk mewujudkan kinerja ASN yang efektif, efisien, dan akuntabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujarnya.
Karena dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 tahun 2022, ada empat prinsip umum yang harus di pahami pimpinan dan pegawai sebagai dasar pengelolaan kinerja. Diantaranya pengelolaan kinerja pegawai, yang tidak hanya sekedar menilai saja, tetapi sebagai instrumen untuk mengembangkan kinerja pegawai.
Kemudian, pengelolaan kinerja pegawai tidak hanya sekedar merencanakan diawal dan mengevaluasi di akhir. Tetapi fokus pada bagaimana memenuhi ekspektasi pimpinan. Sehingga pentingnya intensitas dialog kinerja pimpinan dan pegawai dalam pengelolaan kinerja pegawai, kinerja individu harus mendukung keberhasilan kinerja organisasi.
Nantinya, kinerja pegawai mencerminkan hasil kerja, bukan sekedar uraian tugas serta perilaku yang ditunjukkan dalam bekerja dan berinteraksi dengan orang lain.
Setelah usainya kegiatan bimtek ini, diharapkan peserta mampu mengimplementasikan di tempat kerja masing-masing. Serta membangun kerjasama dan sinergi yang baik antar unit, dengan membangun komunikasi yang efektif, dan kerja sama yang harmonis untuk mencapai tujuan bersama.
“Semoga bimbingan teknis pengelolaan kinerja angkatan II tahun 2024 ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara,” pungkasnya.
[Anl|Ads]