Upaya Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Edi Damansyah Serahkan Alsintan ke Kelompok Tani

Bupati Kukar, Edi Damansyah (tengah) saat bersama kelompok tani menaiki kendaraan yang diserahkan Bupati (Infokaltim.id/Ist).
Bupati Kukar, Edi Damansyah (tengah) saat bersama kelompok tani menaiki kendaraan yang diserahkan Bupati (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Kukar- Upaya mendukung masyarakat dalam mengembangkan sektor pertanian, kini Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah serius mendorong sektor tersebut dengan menyerahkan sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada Gapoktan.

Edi Damansyah mengatakan, selain memenuhi permintaan kelompok tani, namun juga sebagai upaya hadirnya Pemkab Kukar untuk mendorong masyarakat agar dibekali dengan peralatan mesin dengan tujuan mensejahterakan para petani dan meningkatkan produktifitas pertanian.

“Alsintan ini akan diserahkan secara bertahap ke seluruh kelompok tani di Kukar. Kami serahkan alat ini sebagai kebutuhan mempermudah kinerja para petani untuk mengelolah lahan pertaniannya,” ungkap Edi, Sabtu (16/10/20210).

Lebih lanjut dikatakan Edi, bahwa produktivitas yang tinggi akan menjadi penunjang dalam meningkatkan ekonomi bagi keluarga.

Dia pun sangat mengapresiasi kepada masyarakat Kukar yang telah menekuni profesi ini. Menurutnya, profesi menjadi seorang petani sangat mulia, bayangkan kalau tidak ada petani yang menanam padi, bagaimana denhan kebutuhan pokok salah satunya padi menjadi nasi tidak ada lagi.

“Kita semua patut bersyukur bahwa dengan adanya petani menanam padi ini kita bisa menikmati makanan seperti nasi dan sayur-sayuran,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan itu, ditegaskan Edi, bahwa bagian dari dorongan Pemkab Kukar untuk membantu petani meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Kukar.

“Jika sebelumnya masih menggunakan sistem manual dengan mencangkul, sekarang sudah tidak perlu khawatir, karena telah difasilitasi dengan sistem mekanisasi peralatan pertanian yang modern,” ungkap Edi.

Penyerahan itu dilakukan secara simbolis di UPTD Balai Benih dan Palawija Kukar, Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu. Kegiatan itu dihadiri beberapa gapoktan dari Samboja, Loa Janan, Loa Duri Ulu, Muara Kaman dan Desa Rempanga.

Adapun Alsintan yang diserahkan berupa satu unit traktor roda empat, traktor roda dua, rice transplanter, cultivator dan hand sprayer elektrik

[SDH | ADS]