Diskominfo Kaltim Terima Kunker Kantor Bahasa Provinsi, Ali Kusno Menyatakan Pihaknya ingin Melakukan Pendataan Penggunaan Bahasa di Ruang Publik

Foto : Suasana kunker kantor Bahasa Provinsi Kaltim ke Diskominfo Kaltim. (Infokaltim.id/Ist).


Infokaltim.id, Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim mendapat kunjungan dari Kantor Bahasa Provinsi Kaltim, Rabu (27/04/2022).

Kunjungan ini bertujuan melakukan pengambilan data berupa foto objek pengutamaan bahasa negara dan dokumen terkait penulisan tata naskah administrasi di Diskominfo.Pengkaji Bahasa dan Sastra Kantor Bahasa Provinsi Kaltim.

“Terutama di Diskominfo Kaltim sebagai salah satu dari 50 instansi yang kami pilih di lingkup Kaltim dan Kaltara untuk dilakukan penataan penggunaan bahasanya baik ruang publik maupun dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak instansi,” terangnya.

Ali mengatakan, kegiatan ini nanti tidak berhenti pada Diskominfo saja. Melainkan dapat memperbaiki juga dari sisi pengunaan bahasa misalnya laman maupun media sosial daring. Serta diharapkan nanti memberi dampak luas terhadap masyarakat untuk lebih mengutamakan bahasa Indonesia.

“Hasil pendataan akan segera kami evaluasi dan analisis, dari sisi penggunaan bahasanya. Berbagai saran dan masukan perbaikan akan kami sampaikan pada tahap sosialisasi untuk ditindak lanjuti dengan perbaikan pada instansi masing-masing,“ sambung Ali.

Kegiatan ini diharapkan berkesinambungan dari 2022 sampai nanti 2024. Pihaknya akan melakukan pendampingan terhadap 50 instansi sasaran terbina.

“Sampai dengan akhir 2024 penggunaan bahasa di ruang publik di lingkungan Diskominfo Provinsi Kaltim maupun dalam dokumen ataupun persuratannya itu sudah baik atau sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baik dan benar,” ungkapnya.

[Rzf|Asg|Adv Diskominfo Kaltim]