Infokaltim.id, Balikpapan- Anggota DPRD Kaltim, Ambulansi Komariah menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 5 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum di Jalan Mulawarman RT 39 Kelurahan Manggar Kecamatan, Balikpapan (30/07/2023).
Sosper yang dilakukan Anggota Komisi II DPRD Kaltim ini terus memberikan edukasi dan sosiaisasi berkenaan dengan bantuan hukum kepada masyarakat.
“Karena Perda ini sangat penting dan menjadi kebutuhan masyarakat jika mereka ingin menyelesaikan suatu persoalan yang dihadapinya dalam hal berkenaan dengan hukum,” tutur Komariah.
Dia menjelaskan, dalam perda itu diberikan kesempatan yang seluas-luas bagi orang atau kelompok orang miskin adalah orang perseorangan atau sekelompok orang yang memiliki identitas kependudukan yang sah di Kaltim yang kondisi sosial ekonominya dikategorikan miskin dan dibuktikan dengan Kartu Keluarga Miskin atau Surat Keterangan Miskin dari Lurah atau Kepala Desa atau pejabat yang setingkat.
“Ini khusus bagi warga yang kurang mampu, boleh melakukan konsultasi maupun bantuan hukum,” jelasnya.
Dia menegaskan proses bantuan hukum ini tidak dipungut biaya sepersenpun alias gratis. Jadi jika ingin menyelesaikan persoalan hukum atau konsultasi dapat dilaporkan ke bagian Biro Hukum Pemprov Kaltim.
“Semua anggaran dan pendanaan itu sudah dianggarkan dalam APBD Pemprov Kaltim, jadi semua gratis,” pungkasnya.
Jika ada yang menerima pungutan dalam pelayanan proses bantuan hukum ini, maka segera laporkan saja, karena dalam ketentuan Pasal 32 maka akan dipidanakan.

Sebab itu, Komariah mengharapkan jika ada warga yang butuh bantuan dapat memanfaatkan Perda 5 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum sebagai upaya membangun keadilan hukum dan dapat dirasakan oleh warga yang kurang mampu.
Nampak warga RT 39 Kelurahan Manggar Kecamatan, Balikpapan itu antusias mengikuti sosper yang dilakukan kader Partai Gerindra tersebut.
Dalam sosper tersebut Anggota DPRD Kaltim, Komariah menghadirkan dua narasumber yaitu Suhardin dan Suriyansyah yang dimoderatori Lasimeri.
[Ard|Ads]