Hadiri Apel Pasukan Mantap Brata Pemilu 2024, Ketua DPRD Samarinda Beri Apresiasi ke Polres, Harap Pemilu Damai dan Sukses

Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono saat menghadiri Pasukan Mantap Brata Pemilu 2024 Polrestabes Samarinda. Sesi foto bersama usai apel. (infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Samarinda– Ketua DPRD Samarinda Sugiyono turut menghadiri menggelar apel pasukan Operasi Mantap Brata Polresta Samarinda dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024 yang akan datang. Acara tersebut diselenggarakan di Halam Mabespolres Jalan Slamet Riayadi, Selasa (17/10/2023).

Apel siaga gabungan ini sebagai langkah untuk meningkatkan sinergitas antar instansi dan memulai secara simbolis operasi mantap brata, dan dihadiri oleh seluruh unsur terkait serta Forkopimda.

Sugiyono menyampaikan, keamanan Pemilu tahun 2024 mendatang merupakan menjadi tanggungjawab pihak kepolisian untuk mengawal demi suksesnya pesta demokrasi 5 tahunan ini.

“Kita hadapi agenda besar di tahun 2024 yaitu pemilihan presiden dan legislatif tingkat kabupaten dan kota hingga pusat, tentu kepolisian adalah garda terdepan untuk mewujudkan agar pemilu tenang dan damai serta sukes,” ungkap Sugiyono.

Politkus PDIP ini mengapresiasi kesiapsiagaan personil kepolisian Samarinda menyiapkan pasukan dari sekarang untuk menjaga keamanan dalam pesta demokrasi pada Februari 2024 mendatang ini.

“Kita mengharapkan agar pemilu tahun depan kita semua sinergi antara kepolisian dan masyarakat serta semua elemen agar kita ciptakan pemilu yang damai dan aman,” harapnya.

Senada dengan hal tersebut Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, dalam pernyataannya, mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kondusifitas dan keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2024. Selain itu, ia juga menghimbau agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan bijak, sebagai bentuk kontribusi dalam proses demokratisasi.

“Peran setiap warga sangatlah penting dalam menjaga situasi yang kondusif, sehingga proses pemilihan umum berjalan dengan aman dan damai,” pungkasnya.

Operasi ini telah disiapkan untuk berlangsung selama 222 hari, mulai dari tahap sosialisasi hingga pelaksanaan pemungutan suara pada bulan Oktober tahun 2024 mendatang. Semua persiapan ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama Pemilu, serta memastikan kelancaran pesta demokrasi di Samarinda.

Sementara, Kapolresta Samarinda Kombespol Ary Fadli, menjelaskan bahwa pengamanan akan difokuskan di Kota Samarinda, yang juga merupakan pusat penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim).

“Ada sebanyak 700 personel yang telah disiapkan untuk tugas pengamanan ini. Dengan catatan bahwa angka ini belum termasuk personel dari pihak-pihak terkait lain yang akan bersinergi dalam penyelenggaraan pengamanan Pemilu 2024 mendatang,” kata Kapolres

Menurutnya dengan sejumlah personel yang telah dipersiapkan, pihaknya terus berupaya memastikan bahwa proses pemilihan umum berlangsung aman, tertib, dan tanpa hambatan.

[Ard|Ads]