RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja Siap Jadi Tempat Rujukan untuk Kasus Hepatitis

  • Bagikan
RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Tenggarong – Kasus penyakit Hepatitis misterius saat ini tengah menjadi masalah baru, pasalnya di Indonesia sendiri virus tersebut telah masuk di beberapa daerah.

Hal tersebut juga direspon oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Meski belum ada ditemukan kasus, namun pihak Dinkes Kukar tetap memberikan sinyal waspada.

Melalui Kepala Dinkes Kukar Martina Yulianti mengintruksikan agar seluruh Rumah Sakit maupun puskesmas agar melakukan koordinasi untuk upaya surveillance atau pencarian kasus. Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja.

Melalui Sambungan seluler, Kepala RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja Sugiyarti mengatakan bahwa pihaknya akan siap menjadi tempat rujukan apabila ada yang menderita penyakit hepatitis terbaru tersebut.

“Kami nanti akan ditangani tim dokter spesialis anak. Ada dua orang dokter spesialis anakm koordinasi dengan puskesman selama ini juga berjalan dengan baik,” kata Sugiyarti, Rabu (11/05/2022).

Terkait surveillance atau pencarian kasus yang dilakukan, pihaknya mengkonfirmasi belum menemukan adanya kasus, namun hal ini tetap menjadi fokus utamanya untuk mencegah terjadinya penularan di kalangan anak-anak. Edukasi pun juga menurutnya sangat penting disosialisasikan kepada pihak orang tua.

“Puskemas yang bergerak di kegiatan promotif dan preventif, mereka punya tim promosi kesehatan yang rutin melaksanakn kegiatan promosi di masyarakat,” pungkasnya.

[Rzf|Ard|Adv]

  • Bagikan