Sejumlah Anggota DPRD Kukar Hadiri Pembukaan Erau Adat Pelas Benua

Ketua DPRD Kukar beserta pihak Kesultanan dan Pemkab Kukar. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Tenggarong- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid beserta sejumlah anggota DPRD Kukar lainnya menghadiri pembukaan Erau Adat Pelas Benua 2023, di Stadion Rondong Demang pada Minggu (24/09/2023).

Kata Rasid, memasuki dan mempersiapkan diri dalam menyambut IBu Kota Negara (IKN), Erau yang merupakan adat dan tradisi di Kutai harus terus dilestarikan dan dipertahankan.

Hal tersebut kata dia untuk memberitahukan kepada masyarakat luas bahwa di Kukar masih memiliki budaya yang terus dipertahankan.

“Sebagai budaya peninggalan nenek moyang kita, Erau ini harus terus diwariskan ke generasi. Melalui Erau ini kita harus perkenalkan lagi segala budaya adat istiadat kita di Kukar,” kata Rasid.

Menurut dia, melestarikan serta menjaga budaya adalah kewajiban bagi semua pihak tidak hanya pihak Kesultanan namun juga oleh masyarakat dan pemerintah.

Pada Erau Adat Pelas Benua 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah dan pihak Kesultanan.

Dalam kegiatannya akan banyak menampilkan beragam kesenian budaya dari berbagai paguyuban baik itu tari maupun kesenian lainnya.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, Erau kali ini, Pemkab juga menyiapkan tempat atau Expo untuk melibatkan para pelaku UMKM maupun kerajinan seni yang bekerja sama dengan berbagai OPD di Kukar.

[Rfr|Anl|Ads DPRD Kukar]