DPRD Samarinda Dorong Pembangunan Rel Kereta Api Jalur Sempaja Menuju Bandara APT. Pranoto

  • Bagikan

Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani

Infokaltim.id, Samarinda- Pemerintah Kota (Pemkot) berencana membangun rel kereta api jalur Sempaja menuju Kelurahan Sungai Siring sebagai penunjang transportasi umum bagi warga Samarinda.

Hal ini mendapatkan respon dari Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani. Menurut dia, rencana Pemkot tersebut jika ada post anggaran pihaknya mendukung untuk dieksekusi, pasalnya pembangunan rel kereta api dianggapnya sebagai moda transportasi yang baru di Samarinda

“Pada prinsipnya bahwa apa yang direncanakan Pemkot itu sudah melalui kajian yang matang tentunya kita dorong untuk direalisasikan. Kalau anggaran masih bisa dibahas bersama di DPRD. Apalagi di Samarinda ini belum ada transportasi rel kereta apinya, yang ada hanya di daerah jawa”, ungkap Angkasa Jaya Djoerani, di Gedung DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat. Kamis, (29/7/2021).

Dia menilai moda transportasi masal di Samarinda sangat minim. Oleh karena itu, dengan adanya rencana itu dirinya sangat mendukung program Wali Kota Samarinda, Andi Harun tersebut. Apalagi jalur kereta api yang bakal dibangun juga terhubung dengan akses Bandara APT. Pranoto. Hal ini memudahkan dan memperlancar arus lalulintas yang saat ini hanya satu akses yaitu Jalan Poros Samarinda-Bontang.

“Kalau benar-benar jalur kereta api itu dibangun, tentunya akan berdampak baik terhadap ekonomi warga dan memperluas pembangunan di Samarinda”, sebut Angkasa Jaya

Selain itu, Politisi PDI Perjuangan tersebut pun mendorong agar pembangunan terowongan dikawasan Gunung Manggah Jalan Otto Iskandardinata untuk mengurai kemacetan hingga masalah kecelakaan lalulintas yang kerap terjadi dikawasan tersebut.

Dia berharap rencana pembangunan jalur rel kereta api tersebut dapat direalisasikan oleh Pemkot sebagai gebrakan baru penunjang transportasi masal di Samarinda.

[SDH]

  • Bagikan