Opening Ceremony TIFAF 2022 Sukses Digelar

  • Bagikan
Kemeriahan Opening Ceremony TIFAF 2022. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Tenggarong – Opening Ceremony Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) dengan tema “Festival Seni Nusantara sukses digelar di Taman Kota Raja resmi di buka pada Rabu (20/7/2022) malam,

Para penonton yang hadir dimanjakan dengan sejumlah penampilan dari peserta TIFAF 2022. Mulai dari tampilan musik Olah Gubang, Tari Jepen selamat datang, kemudian menampilkan video kesenian dari mancanegara dan Kukar Asia Wonders.

Kemudian Tari Kanjar Ganjur dan Tari Dayak Benuaq. Total keseluruhan ada 14 peserta nasional dan sembilan peserta mancanegara yang terlibat parade pembukaan.

Diantaranya Kabupaten Polaweli Mandar dari Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Banyuwangi dari Jawa Timur, Kabupaten Karawang dari Jawa Barat, Bangka Belitung, dan Kota Depok dari Jawa Barat.

Lalu Dayak Modang, Pokan Takaq, Sanggar Tari Ngelewai, Kelompok Seni Karya Budi, Kecamatan Tenggarong, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Sebulu.

Sedangkan peserta dari mancanegara meliputi Turki, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Taiwan, Peru, Rumania, Venezuela, North Cyprus, dan Bulgaria.

TIFAF 2022 secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur (Kaltim), Hadi Mulyadi, Bupati Kukar Edi Damansyah turut mendampingi.

Pemukulan gimar yang diiringi dengan musik tingkil dan penyalaan lampu hias, serta kembang api menjadi penanda atas terselenggaranya TIFAF 2022 yang akan berakhir pada tanggal 24 Juli nanti.

“Harapan kami acara ini dapat diselenggarakan setiap tahun. Tidak hanya di Kukar, tapi di seluruh Kabupaten/kota di Kaltim,” kata Hadi.

TIFAF yang dimeriahkan sembilan grup kesenian rakyat mancanegara itu diharapkan bisa lebih memperkenalkan budaya asli dari Kukar.

“Dengan ditetapkannya Kaltim sebagai IKN, mudah-mudahan TIFAF menjadi even yang membawa Kaltim menjadi negeri yang dikenal di seluruh dunia,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Edi Damansyah mengatakan bahwa event ini telah masuk dalam kalender event nasional, juga kalender event pemda.

“Keberadaan TIFAF sudah delapan tahun, pemkab bekerja sama dengan CIOFF, dan menjadi penghubung dengan dengan pihak mancanegara,” terangnya.

[Rzf | Ard | Ads]

  • Bagikan