Pemain Asal Adonara Jebolan Akademi Harbi Samarinda Resmi Gabung Persita Tangerang Liga 1

  • Bagikan
Pemain anyar milik Persita Tangerang, M Kasim Botan, saat sesi latihan perdana dengan tim barunya. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Samarinda- Pemain jebolan Akademik Harbi Samarinda, Muhammad Kasim Botan kini moncer karirnya di dunia sepak bola tanah air pasca dirinya diboyong ke klub liga 1 yaitu Persita Tangerang yang didatangkan dari PSCS Cilacap liga 2.

Pemain sayap kanan yang kerap menggenakan kostum nomor punggung 77 itu memulai karir sepak bolanya di Akademik Harbi Samarinda pada 2014 silam. Setelah itu, dia berhasil terbang dari Samarinda menuju Jawa Timur memperkuat Klub Persepam Madura pada 2017. Lalu, pada 2018 silam, Kasim Botan dipercayakan untuk memperkuat Klub Persid Jember. Setelah satu tahun memperkuat Klub Persid Jember, Kasim Botan diboyong ke Persiba Bantul pada 2019 silam.

Pasca memperkuat Persib Bantul, dia beranjak naik karirnya setelah membawa Klub PSCS Cilacap pada kompetisi liga 2. Kasim Botan tampil apik hingga membawa timnya melaju ke babak 8 besar liga 2 musim ini, tercatat bermain 10 kali, mencetak 2 gol.

Berkat performan apik dan kepiawainya dalam mengelola si kulit bundar saat memperkuat timnya dengan julukan Hiu Pantai Selatan atau Laskar Nusakambangan yang diasuhan pelatih Frans Sinatra Huwae itu, kini Kasim Botan semakin mentereng. Bagaimana tidak, performannya selama memainkan si kulit bundar liga 2 dinilai tampil maksimal hingga dirinya menjadi rebutan klub papan atas liga nomor satu di Indonesia.

Sebelum bergabung dengan Klub Persita Tangerang, Kasim Botan sempat dirumorkan bergabung dengan PSIS Semarang, PSS Sleman dan PSIM Yogyakarta. Namun winger asal Pulau Adonara, Flores Timur itu akhirnya berlabu ke Pendekar Cisadane julukan kebanggaan Klub Persita Tangerang pada 20 Desember 2021 lalu.

Kini, Kasim Botan resmi menandatangi kontraknya di Persita Tangerang pada 20 Desember 2021 dengan harga transfer mencapai Rp. 1,74 miliar.

M. Kasim Botan (tanda bulat warna merah) foto bersama dengan rekan satu timnya saat memperkuat tim Bintang Muda FC.

Diketahui, Kasim Botan hingga kini karirnya di dunia sepak bola melenggang mulus hingga ke liga 1 itu dengan perjuangannya tidak mudah. Namun berkat keseriusannya mempoles bakatnya menjadi pemain andalan dan profesional, dirinya tidak henti-hentinya melatih untuk berlatih dan mengembangkan skillnya.

Sejak berumur 9 tahun, M Kasim Botan telah memperlihatkan bakatnya di dunia sepak bola. Hal itu ditujukannya lewat skill permaian sepak bola dengan teman sebayanya di sebuah Desa Dawata’a dan Desa Bilal Pulau Adonara, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur-NTT. Bermain sepak bola siang bolong hingga menjelang magrib tanpa menggenakan sepatu bola, Kasim Botan dan teman sebayanya menikmati si kulit bundar setiap hari sepulang dari sekolah.

Pada 2010 silam, Kasim Botan saat itu usiannya 12 tahun, dirinya sempat menghebohkan pecinta bola di kampung halamanya dengan memperkuat tim Bintang Muda FC di bawah asuhan Baharudin Samiun dan jajaranya dengan menggenakan kostum warna putih Real Madrid kebanggaan timnya.

M. Kasim Botan (tanda bulat warna merah) saat bermain sepak bola Bintang Muda FC di kampung halamanya.

Dengan bakat dan keinginannya menjadi pemain sepak bola profesional, Kasim Botan memutuskan hengkang dari tanah kelahiranya menuju ke Samarinda yang diantar langsung oleh almahrum ayahnya masuk ke Akademi Harbi Samarinda pada 2014 silam.

Kisah menarik Kasim Botan yang diceritakan oleh kakak kandungnya, Fadli Botan, bahwa sejak kecil adiknya setelah bermain bola hingga sore dengan teman sebayanya. Bukannya bola itu disimpan, namun dia bawa ke tempat tidurnya dan tidur bersama bola kesayangan yang terbuat dari plastik itu.

“Jadi setiap malam itu, dia tidur dengan bola, pagi juga harus tenda bola dulu baru berangkat ke sekolah, bahkan makan pun ditemani bola kesayangannya. Itu dia lakukan setiap hari,” ungkap Fadli, Minggu 20 Desember 2021.

Kini, Kasim Botan mengawali karirnya di liga 1 bersama Persita Tangerang diharapkan fans dan keluarga besarnya menjadi pemain terbaik di dunia sepak bola Tanah Air.

Berikut profil M. Kasim Botan:

Nama Lengkap : Muhammad Kasim Botan

Sapaan Akrab: Kasim

Tanggal Lahir: 14 April 1997

Tempat Kelahiran: Andonara, Desa Dawata’a, Kabupaten Flores Timur

Usia: 24 tahun

Tinggi Badan: 170 cm

Kewarganegaraan: Indonesia

Posisi: Penyerang-sayap kanan

Kaki unggulan: Kanan

Nomor punggung andalan; 77

[Sdh]

  • Bagikan