Perdana Jadi Tuan Rumah, Musyda IMM Kaltim ke-22 Sukses Digelar di Kabupaten Paser

  • Bagikan
Peserta Musda IMM Kaltim saat foto bersama dengan Ketua DPP IMM usai pembukaan. (Infokaltim.id/Syam).

Infokaltim.id, Paser- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kalimantan Timur menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musyda) ke-22 di Kabupaten Paser. Acara tersebut digelar di Gedung Awa Mangkuruku, Jalan Jenderal Sudirman, Grogot, Kamis (16/12/2021).

Dalam sambutan yang disampaikan oleh, Ketua Panitia sekaligus Ketua Pimpinan Cabang (PC) IMM Kabupaten Paser, Andri Rifandi. Dia mengatakan,

Pelaksanaan Musyda DPD IMM Kaltim dihadiri langsung Ketua DPP IMM, Abdul Musyawir Yahya hasil muktamar ke-19 yang digelar pada 21 – 23 Oktober 202 lalu, di Hotel Claro Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Acara pembukaan Musyda DPD IMM ke-22 di buka langsung oleh Muhammad Haiban selaku Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kaltim.

Dalam sambutan, Ketua PC IMM Kabupaten Paser, Andri mengatakan, bahwa pelaksanaan Musyda IMM kali ini digelar di Tanah Grogot.

“Selama 44 tahun IMM Kaltim berdiri, baru kali ini Musyda digelar di Kabupaten Paser menjadi tuan rumah,” ucap Andri.

Dia bangga dalam kepemimpinannya menjadi Ketua PC IMM Kabupaten Paser, perhelatan organisasi skala provinisi dapat digelar di Kabupaten Paser.

“Acara ini menjadi kebanggaan kami sebagai tuan rumah. Ke depan event dapat diselenggarakan di Paser,” ungkapnya.

Dia mengapresiasi seluruh stake holder dan instansi pemerintahan yang sudah mendukung penyelenggaraan Musyda IMM Kaltim.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Paser, dan ortom Muhammadiyah sudah mendukung suksesi Musyda ini,” ungkap Andri.

Dia pun menyampaikan kepuasaanya terhadap kehadiran Ketua Umum DPP IMM, Abdul Musyawir Yahya hadir secara langsung pembukaan Musyda ke Kabupaten Paser.

“Kehadiran Ketua umum ke Paser termasuk kebanggaan kami, sudah jauh-jauh datang ke Tanah Grogot,” kata Andri.

Sementara Ketua Umum DPP IMM, Abdul Yahya Musyawir dalam sambutannya mengatakan, bahwa kader-kader Kaltim sangat sungguh hebat menyiapkan seluruh fasilitas untuk menyukseskan penyelenggaraan Musyda IMM Kaltim ini.

“Momen yang tepat Musyda digelar di Tanah Grogot bertepatan dengan ulang tahun Kabupaten Paser ke 62, saya ucapkan selamat,” ucap Musyawir.

Ketua Umum DPP IMM yang terpilih dalam Muktamar di Kendari itu menyampaikan, bahwa IMM Kaltim ke depan harus memiliki visi misi besar membangkitkan kader-kader dalam berbagai bidang.

“Arah kader ke depan harus jelas, misalkan sistem perkaderan diasah intelektualitasnya agar matang,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa kader-kader IMM Kaltim juga harus melek dengan berbagai peluang dalam berbagai sektor.

“Misalkan kader-kader menangkap momen perpindahan ibukota baru ke Kaltim, semua lini harus diisi oleh kader IMM,” tuturnya.

Begitupun, kata Musyawir, kader IMM juga memiliki cita-cita besar terjun ke dunia entrepreneur agar kematangan dalam sektor ekonomi dan pemberdayaan ekonomi kader berjalan maksimal.

Selain itu, pesan Musyawir kepada kader-kader IMM Kaltim agar melek dengan isu-isu perpolitikan skala kedaerahan maupun nasional, sehingga tidak ketinggalan isu-isu strategis dalam hal pembangunan.

“Kader harus terjun ke dunia politik, selain mengawal pembangunan agenda lain seperti pemutusan kebijakan-kebijakan dapat dikawal oleh kader agar tepat sasaran,” jelasnya.

Dia yakin, jika kader IMM Kaltim memiliki kualitas intelektualnya bagus, ekonominya kuat, politiknya juga hebat. Maka dia yakin, peradaban baru berada ditangan kader-kader IMM.

Unsur Pimpinan Muhammadiyah Kaltim dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Paser dan IMM Kaltim.

Hal itu dikatakan Musyawir, karena kebangkitan peradaban Islam dimasa kejayaan Bani Abbasyiah adalah penguasaanya tiga aspek itu.

“Kader IMM harus mampu menerapkan, kita pun harus belajar atas keruntuhannya, jangan sampai terus dalam zona kenyamanan dan menghidar dari 3 aspek itu, harus melek,” ungkapnya.

Sementara, dalam sambutan Ketua Umum DPD IMM Kaltim, Muhammad. Dia mengatakan, dalam kepeminpinannya berhasil mengirim salah satu kader terbaik untuk mengisi posisi strategis di DPP IMM.

“IMM Kaltim berhasil mengirim kader terbaik, yaitu Siti Aminah menjadi Ketua Bidang Kader DPP IMM, ini termasuk kebanggaan kita semua,” sebutnya.

Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada panitia IMM Kabupaten Paser yang bersusah payah dan bekerja keras menyiapkan pembukaan dan penyelenggaraan Musyda IMM Kaltim di Tanah Grogot ini.

“Kami atas nama DPD IMM Kaltim sangat berterima kasih kepada kader-kader IMM Paser yang luar biasa menyambut penyelenggaraan Musyda ini dengan sangat meriah,” ujar Muhammad.

Kendati demikian, pembukaan Musyda IMM Kaltim ke-22 di buka secara resmi oleh Wakil Ketua PW Muhammadiyah Kaltim, Muhammad Haiban.

“Musyda IMM Kaltim ke-22 resmi saya buka,” ucapnya.

Dia menyampaikan selamat atas penyelenggaraan Musyda IMM Kaltim di Kabupaten Paser, semoga Musyda ini dapat melahirkan pemimpin yang akan membawa IMM menjadi lebih kuat dan maju.

“Selamat bermusyaarah kepada ananda-anandaku semuanya,” tuturnya.

Hadir dalam pembukaan Musyda IMM Kaltim, yaitu Asisten I Pemerintah Kabupaten Paser, PW Muhammadiyah Kaltim, unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Paser, Aisiyiah, Nasiatul Asyiyah Paser, IPM Paser, Bawasalu Kabupaten Paser, KPU Kabupaten Paser, KNPI Paser, Pemudah Muhammadiyah Kaltim dan Kabupaten Paser, serta stake holder yang ada di Kabupaten Paser, dan seluruh ortom Muhammadiyah Paser.

[Skm | Syf]

  • Bagikan