Pemkot Gencar Inventarisir Aset-Aset, Kamaruddin: Harus Dikelola Dongkrak PAD

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamaruddin. (Infokaltim.id/Suhardi).
Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamaruddin. (Infokaltim.id/Suhardi).

Infokaltim.id, Samarinda- Belakangan ini Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda gencar melakukan inventarisir aset-aset milik pemkot berupa bangunan maupun tanah.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Samarinda, Kamaruddin menyambut dengan positif kinerja Andi Harun dalam melakukan kunjungan atau pengecekan aset-aset milik Pemkot yang selama ini sebagian dimanfaat pihak ketiga hanya menguntungkan pribadi bahkan aset yang sama sekali belum dikelolah.

“Saya berpikir inventarisir aset itu untuk memastikan bahwa lahan atau bangunan itu milik Pemkot untuk mencocokan berkas dan dokumennya siapa tau ada penyelewengan bahkan ada permasalahan, ini yang dicek dan dituntaskan,” ungkap Kamaruddin, Jum’at (1/10/2021).

Selain itu, aset milik Pemkot bisa dikelolah dengan membangun gedung, polder untuk pengendalan bajir misalkan di Bengkuring yang kerap terjadi di Samarinda bahkan aset yang sudah bisa juga menjadi pengembangan perusahan milik Pemkot yang baru.

Menurut Politikus Nasdem tersebut, setelah dilakukan pengecekan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun banyak ditemukan permasalahan aset yang digunakan tanpa ada retrebusi, hal ini menjadi prioritas Pemkot untuk melakukan pembenahan.

“Kalau tidak cek pasti lahan itu tidur begitu saja, tidak ada manfaatnya, ternyata aset Pemkot memang banyak tapi tidak dikelolah secara baik. Sisi lain pendapatan asli daerah (PAD,red) menurun, sedangkan aset tidak dimanfaatkan, kita rugi banyak,” tutupnya.

[SDH | ADS]