Kondisi Jalan Poros Rantau Pulung-Batu Ampar Rusak, Pemkab Kutim Bakal Lakukan Perbaikan pada Agustus 2022 ini

  • Bagikan
Bupati Kutai Timur, Ardiansyah dan Dinas Perhubungan serta DPU saat melakukan peninjauan antara jalan poros di Kecamatan Rantau Pulung ke Kecamatan Batu Ampar. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Sangatta- Pentingnya pembangunan infrastruktur akses jalan menjadi perhatian utama bagi pemerintah. Sebab, dengan akses jalan yang mulus tentu mobilitas ekonomi masyarakat pun semakin membaik dan lancar.

Hal itu, serius dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), bakal melakukan perbaikan akses jalan poros Kecamatan Rantau Pulung menuju ke Kecamatan Batu Ampar.

Sebab, jalan tersebut sudah saatnya dilakukan perbaikan. Kondisi jalan tersebut sangat menganggu mobilitas masyarakat dianatara 2 kecamatan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutim, Muhammad Muhir mengungkapkan, bahwa pihaknya akan melakukan pekerjaan jalur poros 2 kecamatan tersebut dimulai pada pertengahan Agustus 2022 ini.

“Bulan ini akan dimulai pembangunan dengan alokasi anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” pungkasnya, Jum’at (05/08/2022).

Pihaknya juga telah melakukan penuinjau jalan tersebut dengan Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman dari Kota Sanggatta sampai ke Kecamatan Batu Ampar untuk memastikan kondisi jalan tersebut.

Melihat kondisi jalan tersebut rusak, maka kata Muhir, Bupati memerintahkan untuk dilakukan progres perbaikan akses jalan itu.

“Perbaikan jalan tersebut dibagi menjadi dua kegiatan di dua titik perbaikan, yakni poros Kecamatan Rantau Pulung dan jalan poros Kecamatan Batu Ampar,” pungkasnya.

Untuk DAK yang diperuntukkan perbaikan jalan itu, disebutkan Muhir, berkisar 6 miliar dan 4 miliar rupiah, itu sepanjang 1.200 meter dan 800 meter, dengan akhir kontrak pada November 2022 mendatang

“Pada anggaran perubahan tahun ini akan dilakukan kegiatan swakelola untuk menunjang perbaikan jalan tersebut,” sebutnya.

Memasuki bulan pembahasan APBD perubahan 2022 ini, dikatakan Muhir, pihaknya terus mengupayakan dan menganggarkan ke swakelola. Sehingga Kecamatan Rantau Pulung sampai Kecamatan Batu Ampar jalannya lebih baik dari sebelumnya.

“InsyaAllah, dalam anggaran perubahan kita mengarah agar perbaikan jalan itu dilakukan” ujarnya.

[*Red | Ard]

  • Bagikan