LazisMu Sempaja Selatan Gelar Buka Bersama Sekaligus Launching Sejumlah Program Ramadhan 1443 H 

  • Bagikan
Suasana peserta saat mengikuti launcing program LazisMu Sempaja Selatan. (Infokaltim.id/Ardian).

Infokaltim.id, Samarinda– Lembaga zakat infak sedekah Muhammadiyah (LazisMu) Sempaja Selatan resmi melaunchingkan program syiar Ramadhan 1443 Hijriah (H) dirangkaikan dengan pengajian hingga berbuka puasa bersama. Acara tersebut diselenggarakan di Jalan Perjuangan 9 Blok C, Selasa (12/04/2022).

Sebelum program syiar Ramadhan LazisMu Sempaja Selatan dilaunchingkan, Ketua Pimpinan Wilayah (PWM) Kaltim, Suyatman memberikan tausyiah kepada hadirin yang ikut terlibat dalam program Ramadhan 1443 H tersebut dengan tema “Islam dan komitmen diri seorang muslim.”

Suyatman menjelaskan, bahwa dalam pengajian yang dia sampaikan itu berisi tentang mengajak orang Islam agar menjadi seorang muslim yang sebenar-benarnya taat kepada Allah SWT.

“Salah satuanya adalah menjauhi dari perbuatan syirik kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut Suyatman, yang kedua adalah beribadah  dengan ikhlas mengharapkan ridho kepada Allah SWT ketiga yaitu akhlak yang mulia seperti jujur dalam perkataan dan perbuatan, amanah serta berbuat kebajikan.

“Sebagai muslim juga harus cerdas dan berilmu, luas pandangannya, sehingga saat memandang sesuatu tidak menimbulkan kebencian namun kebijaksanaan yang diputuskan melalui keilmuannya,” jelasya.

Sebagai muslim yang baik juga, diungkapkan Suyatman, yaitu suka berbagai dengan orang lain, dan bermanfaat bagi orang lain setiap aktivitasnya.

Dia pun mengapresiasi program yang dilakukan LazisMu Sempaja Selatan dalam mengisi berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain saat Ramadhan 1443 H ini.

“Ya, termasuk juga program kajian tentang keislaman yang saya sampaikan kepada jamaah di LazisMu Sempaja Selatan ini,” tuturnya.

Sedangkan, Ketua Ranting Muhammadiyah Sempaja Selatan, Agus Shohir menyebutkan program syiar Ramadhan 1443 H ini salah satu program rutin tahunan yang merupakan garapan dari LazisMu Sempaja Selatan denga pimpinan ranting.

“Banyak sekali program yang kami lakukan dengan LazisMu Sempaja Selatan mulai dari kajian, sosial dan membagikan takjil,” ujarnya.

Penyerahan wakaf Alquran secara simbolis.

Kemudian, disebutkan Agus, bahwa pihaknya juga memberikan santunan kepada orang-orang miskin yang membutuhkan paket sembako yang akan dibagikan kepada mereka.

“Kami juga melakukan penggumpulan, pengelolaan dan pendistribusian juga dari zakat, infak dan sedekah,” sebutnya.

Dia mengaku bahwa semua program yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk kerja sosial demi kemaslahatan umat.

“Termasuk mengalokasikan beasiswa akan kami berikan juga, terutama kepada relawan yang terlibat dalam program ini,” tuturnya.

Semantara itu, salah satu Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kaltim (UMKT), Amalia Rahmatiara mengaku senang dan turut terlibat dalam program yang dilakukan oleh LazisMu Sempaja Selatan

“Kami ingin berpartisipasi dalam program ini agar kami tahu dan belajar untuk mengisi waktu di Bulan Puasa ini,” jelasnya.

Mahasiswa Prodi Manajemen Semester 4 UMKT itu mengisi waktu bersama-sama temannya untuk mengerjakan ibadah yang lebih positif dan menambah ilmu pengetahuan keagamaan.

“Selain itu pun kami turut terlibat dalam kegiatan ini, kami merasa memberikan manfaat juga kepada orang lain melalui program LazisMu Sempaja Selatan ini,” pungkasnya.

Kendati demikian, Ketua LazisMu Sempaja Selatan, Machnun Uzni  menyebutkan beragam program yang bakal dilakukan selama Ramadhan 1443 H ini. 

Termasuk mendistrubusikan wakaf Alquran yang berasal dari amanah Raja Salman Arab Saudi yang disalurkan melalui KBRI lalu diteruskan oleh Ustadz Rosyidi.

“Paket wakaf Alquran itu kami salurkan diberbagai masjid dan salah satunya di Kampung Buton,” tuturnya.

Sekaligus menyerahkan wakaf Alquran secara simbolis kepada sejumlah penerima wakaf tersebut usai sesi launching program syiar Ramadhan 1443 H.

Adapun sejumlah program LazisMu Sempaja Selatan selama bulan Puasa seperti menggelar teras dakwah, Ramadhan Radio dan TV, 500 paket takjil, 50 paket mukena, 100 wakaf mushaf Alquran, 50 paket lebaran anak yatim dan 100 paket hadiah lebaran dhuafah.

Sementara pihaknya juga bakal melakukan penerimaan dan pendistribusian seperti zakat fitrah, fidyah, infak dan sedekah, wakaf manfaat dan pemberian beasiswa relawan.
[Ard]

  • Bagikan