OSEAN Launching Majalah Literasi Vol. 1, Juwita: Edukasi Terhadap Pentingnya Menjaga Lingkungan

Kegiatan Via Zoom UKM OSEAN FKM UNMUL. (Arafik/Infokaltim.id).
Kegiatan Via Zoom UKM OSEAN FKM UNMUL. (Arafik/Infokaltim.id).

Infokaltim.id, Samarinda- Meskipun dalam masa pandemi, salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) terbaik di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman (Unmul), kembali berkarya, berinovasi, dan berkreatifitas. Organisasi mahasiswa peduli lingkungan atau yang lebih dikenal sebagai OSEAN merupakan UKM yang menyorot isu-isu lingkungan untuk menjadi prioritas utama.

Diketahui, OSEAN bertujuan untuk menggerakan mahasiswa kaum generasi Z untuk dapat lebih peka terhadap situasi dan kondisi lingkungan yang ada disekitar. kegiatan yang diselenggarankan via zoom tersebut dimanfaatkan mahasiwa peduli lingkungan dengan memberikan edukasi terhadap peserta tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar dengan bersih, sehat dan aman.

Momentum yang tepat menjadi wujud kontribusi nyata, bertepatan dengan kegiatan upgrading yang diselenggarakan pada Sabtu (18/9/2021) bertema, Peran Generasi Z dalam Mengoptimalkan Restorasi Lingkungan di Era Pandemi Covid-19, dengan jumlah peserta sebanyak 53 orang.

Di sela-sela kegiatan upgrading ini UKM OSEAN FKM UNMUL Bidang Pengkajian Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat (PLPM), melakukan launching majalah literasi lingkungan vol. 1 karya ANGAN (Anak Lingkungan) Muda.

Dalam kegiatan tersebut, Talitha Aufa Nabilah selaku kepala Bidang PLPM menegaskan, bahwa dalam launching majalah digital bertema Pro Enviromental Behavior yakni perilaku yang berupaya meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

“Sesuai dengan tagline One Earth One Future, diharapkan segala proses, aksi atau gaya hidup berkelanjutan serta upaya dalam bentuk apapun dibidang lingkungan untuk bumi berkelanjutan,” ucapnya pada Infokaltim.id, Senin (20/9/2021).

Sementara dikatakan Juwita Anggraini selaku Ketua Umum OSEAN periode 2021-2022 mengatakan, bahwa majalah literasi lingkungan ini sengaja dirancang secara online mengingat kondisi sekarang berada pada masa pandemi atau masa dimana segala sesuatu virtual. meskipun secara via daring, setidaknya memperkenalkan OSEAN, mengedukasi, dan memberikan informasi seputar lingkungan dengan mudah.

‚ÄĚSetidaknya melalui kegiatan ini, masyarakat bisa sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan yang sehat,” ujar Juwita.

Selain itu, pada kegiatan launching tidak hanya dihadiri oleh peserta dan panitia, namun juga dihadiri oleh alumni atau demisioner OSEAN periode sebelumnya.

Kendati demikian, Ankarani Tien selaku mantan Ketua Umum OSEAN periode 2018-2019 menambahkan, bahwa dari dulu OSEAN selalu membangun karakter seluruh anggota agar selalu mengutamakan kekeluargaan, dan mampu membawa suasana kegiatan menjadi asik.

“Terlepas dari karakter anak OSEAN yang selalu ceria tetapi kalian juga mampu membuat suatu karya yang inovasi dan kreatif serta mampu menuntaskan salah satu proker dengan maksimal,” harapnya.

[RFK | SDH]