Pemkab Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif Bagi Anak Muda di Kukar

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah (kanan) saat melihat proses pembuatan kopi. (Infokaltim.id/Rfr).

Infokaltim.id, Tenggarong- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah¬† menghadiri launching Sport Circle Aljawahir di Kampung Baru Kecamatan Tenggarong, Jum’at (17/3/2023).

Dalam kegiatan yang dirangkai dengan lomba Brewing Fun Battle da Cupping tersebut, Edi Damansyah mengapresiasi seluruh anggota Komunitas Kopi di Kukar.

Edi menjelaskan filosofi dari Program Kukar Idaman. Secara etimologi, kata dia, Idaman adalah sesuatu yang diharapkan, dicita-citakan dan diidam-idamkan.

Sedangkan secara terminologi Idaman adalah singkatan dari Inovatif, Daya Saing dan Mandiri.

Sehingga, Kukar idaman itu kata Edi, artinya terus bekerja dan berupaya agar bagaimana mewujudkan harapan masyarakat Kukar menjadi daerah yang Inovatif Daya Saing dan Mandiri.

“Salah satu fokusnya adalah mendorong struktur ekonomi Kukar yang hari ini sudah ditopang oleh sektor industri migas batubara,” kata Edi.

Ia mengatakan, Pemkab Kukar ke depan akan mendorong adanya perubahan dalam struktur ekonomi.
Seperti dari Sumber Daya Alam yang tidak bisa diperbaharui seperti Migas menjadi sektor Pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Ekonomi kreatif ini salah satu turunannya yang kita kembangkan melalui komunitas-komunitas untuk mencapai suatu keterampilan yang terstandar,” jelas Edi.

“Itu gambaran secara umumnya bahwa apa yang dilakukan ini menjadi salah satu fokus kami di Pemkab yang berkaitan dengan transformasi struktur ekonomi,” tambahnya.

Dengan potensi Ekonomi Kreatif pada anak muda, sehingga hal tersebut kata Edi, adalah kekuatan bagi Pemkab Kukar untuk mendorong pengembangan SDM sehingga memiliki keterampilan yang berdaya saing.

“Kalau kita ingin berdaya saing, salah satunya adalah memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan ini yang kita fokus kerjakan,” ucap Edi.

[Rfr | Ard | Ads Kominfo Kukar]