Perindah RTH, DLH Samarinda Gencar Lakukan Penanaman Tanaman Hias

  • Bagikan
Foto : Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharan Lingkungan Hidup dan Pertamanan DLH Samarinda, Ronny Alfiany.
Foto : Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharan Lingkungan Hidup dan Pertamanan DLH Samarinda, Ronny Alfiany.

Infokaltim.id, Samarinda- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda tengah merevitalisasi sejumlah taman-taman dengan menanam tanaman hias.

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharan Lingkungan Hidup dan Pertamanan, Ronny Alfiany menyebutkan bahwa program pemiliharan pertamanan menjadi rutinitas bagi DLH Samarinda untuk memperindah Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Jadi taman-taman yang ada di Samarinda ini setiap hari kami terus melakukan perawatan, seperti menaman bunga di taman Tepian Samarinda dan tempat lain misalkan di kolong Jembatan Kembar,” ungkap Ronny Alfiany.

Selain itu, Taman Tepian Mahakam depan Kantor Gubenur Kalimantan Timur (Kaltim) Jalan Gajah Mada juga sedang dilakukan DLH Samarinda untuk penanaman tanaman hias pasca Pemerintah Kota mengosongkan atau meniadakan jual beli bagi pedagang kaki lima di area tersebut.

“Taman itu rencananya dikembalikan fungsinya menjadi RTH, jadi kami sudah menanam rumput hias atau bunga dilahan-lahan yang terlihat gersang,” sebut Ronny Alfiany.

Lebih lanjut dikatakan Ronny Alfiany bahwa pihaknya juga tidak hanya merawat dan melakukan penanaman tanaman hias saja, melainkan perbaikan lampu-lampu taman pun dilakukan agar penerangan taman di malam hari terlihat terang dan indah.

Sementara program pembangunan pertamanan ke depan saat ini belum ada, lantaran disebutkan Ronny Alfiany bahwa refocusing anggaran lebih banya diperuntukkan penanganan Covid-19, sehingga pihaknya tengah fokus pemeliharaan sesuai program rutinitas DLH Samarinda.

“Mungkin keterbatasan anggaran juga, yang jelas sampai saat ini belum ada rencana pembangunan taman baru. Kita menunggu saja program atau rencana DLH ke depan dipantau saja,” tutup Ronny Alfiany.

[SDH]

  • Bagikan