Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Balsam Seksi I dan V, Upaya Pemerataan Pembangunan Hingga Tekan Biaya Logistik

  • Bagikan
Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Balsam.
Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Balsam.

Infokaltim.id, Balikpapan- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kaltim dalam rangka meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) untuk seksi I dan V. Selasa (24/8/2021).

Sebelumnya Presiden Jokowi mengunjungi SMP 22 Samarinda dengan agenda meninjau vaksinasi yang untuk para siswa SMP tepat di Jalan Pahlawan.

Setelah itu, rombongan Presiden menuju ke Jalan Tol Balsam dalam rangka meresmikan jalan tol pertama di Kaltim tersebut.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan RI, Prabowo, Menteri PUPR, Gubernur Kaltim, Isran Noor, Kapolri, Pangdam hingga Kapolda Kaltim tersebut turut menyaksikan presmian jalan tol Balsem ditandai dengan menekan tombol sirene dan penandatanganan prasasti.

Presiden Jokowi mengaku bersyukur pembangunan Tol Balsam telah usai hingga diresmikan, memudahkan mobilisasi bagi masyarakat Kaltim.

“Tol Balsam sepanjang 97,99 kilometer ini sudah diresmikan, hal ini menjadi momentum bersejarah bagi Kaltim, karena memiliki tol pertama di Kalimantan,” ujar Jokowi.

Pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol dimasa kepemimpinan Jokowi gencar dilakukan, karena menurut Jokowi pembangunan tidak hanya terpusat pada satu pulau saja, tapi harus merata.

“Perlu pembangunan infrastruktur yang merata ke semua daerah termasuk Kaltim. Tidak hanya berpusat pada Jawa dan Sumatera saja,” tegas Jokowi.

Gerbang Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang diresmikan Presiden Jokowi

Dikatakan Jokowi, peresmian Jalan Tol Balsam ini, diharapkan menumbuh kembangkan aktivitas ekonomi antar daerah di Kaltim.

Dia menambahkan, selain menekan biaya logistik, Tol Balsam juga sebagai jalur komoditas dengan kemudahan dan kecepatan akses antar daerah.

“Tentunya memudahkan dan menurunkan biaya logistik sehingga produk-produk ekspor di Kaltim ini akan memiliki daya saing yang tinggi sehingga ekonomi maju, efisien kompetitif,” ungkap Jokowi.

Dengan mengucapkan basmallah, Jokowi resmikan Jalan Tol Balsam, serta penandatanganan prasastinya.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda Seksi I dan Seksi V, terima kasih,” tutupnya.

Sebagai informasi, panjang Jalan Tol memiliki panjang 97,99 kilometer, yang terdiri atas Seksi I Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi II Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi III Muara Jawa-Palaran (17,30 km), Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 km) dan Seksi V ruas Sepinggan-Balikpapan Km 13 (11,09 km).

[SDH]

  • Bagikan