Santri Potren Istiqomah Samarinda Tembus 30 Juz di Daurah Hafiz ITMAM

  • Bagikan
7 Santri utusan SMP Muhammadiyah 5 dan Istiqomah Samarinda saat foto bersama Agus Toto Suriyanto selaku pendamping santri.
7 Santri utusan SMP Muhammadiyah 5 dan Istiqomah Samarinda saat foto bersama Agus Toto Suriyanto selaku pendamping santri.

Infokaltim.id, Samarinda- Siswa SMP Muhammadiyah 5 dan SMA Istiqomah Samarinda berhasil meraih predikat hafiz dengan menyelesaikan hafalan 30 juz Alquran.

Kegiatan daurah tahfidz Quran tersebut dilakukan selama 2 bulan di Ittihadul Ma’ahid Al-Muhammadiyah (ITMAM), berlokasi di Tawangmangu Jawa Tengah, sejak15 Juni – 14 Agustus 2021.

Santri Kelas Sembilan SMP Muhammadiyah 5 Samarinda atas nama Muhammad Royyan Amanullah berhasil menembus hafalan 30 juz Al Quran dalam daurah yang digelar selama dua bulan ini.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 5 Samarinda sekaligus pendamping santri dalam kegiatan daurah tahfidz, Agus Toto Suriyanto mengatakan, pihaknya kerap mengirim siswanya untuk melakukan hafalan Alquran di pondok tersebut.

“SMP Muhammadiyah 5 dan SMA Istiqomah yang berhimpun dalam Pondok Pesantren Istiqomah Samarinda telah mengikutsertakan secara rutin untuk kelima kalinya dalam daurah ini dan mengirimkan 7 santri,” ungkap Agus, Senin (16/8/2021).

Dia menyebutkan selain siswa dari Samarinda, acara daurah hafidz Quran juga diikuti peserta dari berbagai daerah lainnya seperti Makassar, Pinrang, Lampung, Lamongan.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 5 Samarinda sekaligus pendamping santri dalam kegiatan daurah tahfidz, Agus Toto Suriyanto bersama santri yang menghafal 30 juz.

Dikatakan Agus, para santri selama dua bulan secara intens dibina langsung oleh ustadz Mukhlis, Ustad Anwar, Ustad Ismail, Ustad Taufik, dan Ustad Fajar untuk merampungkan target hafalan Alquran.

“Untuk angkatan kelima yang dikirim mengikuti daurah mendapatkan prestasi yang baik. Dari 3 santri utusan SMP Muhamamdiyah 5 dan 4 santri utusan SMA Istiqomah mendapatkan prestasi yang sangat baik,” ujar Agus.

Dia menambahkan, siswa tersebut diantaranya Rangga Satrio Hamundipto (kelas 8) menghafal sebanyak 6 juz, Achmad Khalaif Muzammil (kelas 9) mendapat 10 juz, Muhammad Alfin Al Hakim (kelas 11) 4 juz, Habibul Huda (kelas 11) berhasil menyelesaikan hafalan sebanyak 6 juz, Muhammad Aditya (kelas 11) mendapat 8 juz dan Mochammad Revangga P.R (kelas 11) berhasil menghafal sebanyak 15 juz.

“Kami sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh anak didikkan kami, mudahan prestasi ini dan hafalan yang sudah diselesaikan terus ditingkatkan dan diamalkan isi kandungan Alqurannya,” harap Agus.

[UZN | SDH]

  • Bagikan