Sukseskan HHS Puskesmas Air Putih Gelar Pengukuran Tekanan Darah

Suasana saat para tenaga kesehatan melakukan cek darah ke pasien. (infokaltim.id/ist).

Infokaltim.id, Samarinda– Peringatan hari hipertensi sedunia (HHS) diperingati serentak pada tanggal 9 Juni 2024. Tema global Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2024 adalah “Measure Your Blood Pressure: Control it, Live Longer”.

Sejalan dengan tema global, tema nasional Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2024 Indonesia yakni “Ukur Tekanan Darahmu dengan Tepat, Kontrol dengan Minum Obat Teratur untuk Hidup Lebih Lama”.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltim menandai Hari Hipertensi Sedunia dengan menggelar pengukuran tekanan darah massal dengan melibatkan 20.695 peserta untuk mengikuti pemeriksaan darah. Pencapaian kegiatan ini berhasil memecahkan rekor MURI.

“Dinkes Kaltim berhasil mengajak 20.695 peserta untuk mengikuti pemeriksaan tekanan darah. Angka ini melampaui target yang ditetapkan sebelumnya, yaitu 16.500 orang,” kata Customer Relation Manager MURI, Bryan Razu Ramadhan di Samarinda, Minggu (09/06/2024).

Rincian peserta pemeriksaan tekanan darah di Kaltim pada peringatan Hari Hipertensi Sedunia, yakni Balikpapan sebanyak 3.527 orang, Berau 1.819 orang, Bontang 1.052 orang, Kutai Barat 454 orang, Kutai Kartanegara 5.224 orang, Kutai Timur sebanyak 2.494 orang, Mahakam Ulu 52 orang, Paser 922 orang, Penajam Paser Utara 1.814 orang, dan Samarinda 3.335 orang.

Tidak ketinggalan Puskesmas Air Putih, Samarinda turut serta dalam menyokong dan mensukseskan kegiatan HHS dengan menggelar kegiatan pemeriksaan pengukuran darah yang diikuti ratusan peserta.

Menurut Kepala Puskesmas Air Putih drg. Zheditya Ayu Syawalia didampingi Ketua Panitia Ummi Mahmudah disela kegiatan mengatakan kepada media, “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memeriksakan tekanan darah secara berkala.

“Hipertensi dapat dicegah dan dikendalikan dengan pola hidup sehat dan konsumsi obat teratur.”

Dalam kegiatan HHS di Puskesamas air Putih juga diramaikan dengan beragam kegiatan menarik lainnya. Seperti cek tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat, bazzar UMKM, serta diawali dengan senam jantung sehat.

Para peserta yang antusias juga semakin gembira mengikuti kegiatan dengan menerima berbagai doorprize menarik yang telah disiapkan oleh Puskesmas Air Putih yang didukung beberapa sponsor.

[uzn|rdh]