Kemendikbud Riset Bangun Museum dan Taman Budaya Lewat Dana DAK Rp6 Miliar

Sekretaris Jenderal Direktorat Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI, Fitra Arda. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Samarinda- Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memperoleh jatah dana alokasi khusus (DAK) Museum dan Taman Budaya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Direktorat Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI, Fitra Arda saat pelepasan Defile Mobil Hias Temu Karya Taman Budaya (TKTB) XXI tahun 2022 di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Jalan Basuki Rahmat Samarinda, Senin, 19 September 2022.

“Khusus untuk Kalimantan Timur itu hampir Rp6 miliar,” sebut Fitra Arda.

Menurut dia, DAK yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, khususnya museum dan taman budaya se Indonesia guna mendorong keberadaan lembaga ini benar-benar dirasakan masyarakat kehadirannya.

Terutama dalam mendorong pelestarian dan pengembangan kebudayaan yang ada serta tersebar di nusantara sebagai bagian dari pembangunan.

Sehingga masyarakat, komunitas dan generasi muda bisa berkarya di taman-taman budaya juga museum sebagai lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat umum yang berfungsi menyajikan serta melestarikan warisan budaya untuk tujuan studi, penelitian dan hiburan.

“Karena itu, melalui Temu Karya Taman Budaya ini akan ada ide-ide yang dicetuskan untuk pemajuan kebudayaan tanah air, sekaligus menegaskan kepada dunia bahwa Indonesia sebagai pilar dalam bidang kebudayaan,” ungkapnya.

[Ard | Adv Kominfo Kaltim]