HMI Cabang Samarinda Respon Terkait Kapal Ponton Batu Bara yang Menabrak Jembatan Mahakam

Foto : Ketua Umum HMI Cabang Samarinda, Ronny Hidayatullah. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Samarinda– Kapal Ponton pengangkut Batu Bara yang viral melalui video yang di sebar luaskan oleh warga saat kapal tersebut menabrak Jembatan Mahakam Samarinda cukup menyita perhatian publik.

Kecelakaan yang terjadi tepat pada pukul 07:02 WITA dini hari ini bukan untuk yang pertama kalinya peristiwa ini terjadi yang hingga saat ini belum ada kejelasan dari pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Samarinda terkait Penyebab terjadi kecelakaan ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum HMI Samarinda, Ronny Hidayatullah akhirnya angkat bicara. Dia menyebutkan, bahwa hal ini bukan untuk yang pertama kalinya dan sering terjadi dari tahun ke tahun.

Tercatat Jembatan Mahakam sudah berumur 35 tahun dan di tahun 2010 sudah 15 kali kecelakaan kapal ponton itu menabrak jembatan. Kemudian di tahun 2022 menjelang akhir tahun, ada 2 insiden kecelakaan menabrak jembatan Mahakam Samarinda, pertama 28 Maret 2022, dan kedua kemudian dini Jum’at 23 Desember 2022.

“Terkait keluar masuk kapal ponton di perairan Sungai Mahakam, perlu adanya evaluasi pengawasan KSOP Kelas II Samarinda terhadap kecelakaan tersebut. Karena, kecelakaan ini bukan hal yang baru lagi. Ini sudah beberapa kali insiden kecelakaan perairan yang menabrak jembatan Mahakam,”jelasnya.

Video berdurasi 1 menit yang beredar di masyarakat itu juga memperlihatkan Jembatan Mahakam yang di tabrak ponton sampai bergetar yang apabila hal ini terus terjadi bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pasca ditabraknya jembatan Mahakam, kontruksi jembatan ini masih kita cari tahu. Harapannya Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim bisa memeriksa dan mengiformasikan kondisi pilar usai penabrakan tersebut jangan sampai ada beberapa kontruksi yang rusak dan menimbukan korban jiwa,” harapnya.

donovancreative.com
PKV Games
Slot pulsa 5000
Situs judi bola
slot5000
Judi Bola
rtp slot
dominoqq
gacor88
rtp live
judi piala dunia
slot gacor
bandarqq
slot pulsa
IDN SLOT
dominoqq
slot pulsa
pragmatic88
slot demo
slot pulsa
slot gacor
IDN POKER
dominoqq
slot deposit pulsa
slot deposit pulsa
slot pulsa
slot pulsa
slot pulsa
slot gacor
slot777
dominoqq
deposit pulsa tanpa potongan
slot online
slot dana
dominoqq
pkv games
slot pulsa
slot pulsa
pkv games
slot gacor
dominoqq
dominoqq
pkv games
slot deposit pulsa
pkv games
idn slot
slot pulsa
slot gacor
slot deposit pulsa
slot deposit pulsa
Gacor88
slot deposit pulsa
pkv games
slot dana
slot777
slot dana
PKV GAMES
slot demo
slot pulsa
slot777
slot deposit pulsa
slot
slot dana
bandarqq
pgsoft
pkv games
pkv games
pkv games
pkv games
pkv games
slot gacor
slot hoki
slot gacor
slot pulsa
pkv games
pkv games
slot pulsa
pg soft
slot pulsa
slot777
slot ovo
slot dana
pkv games
pkv games
slot gacor
slot gacor
link gacor
slot demo
slot demo
IDN Slot
joker123
parlay
slot pulsa
slot gacor
slot gacor
dominoqq
pkv games
dominoqq
bandarqq
slot pulsa
PG SLOT
slot bonus new member 100
situs slot gacor
slot777
pkv games
slot777
slot gacor
slot gacor
bandarqq
dominoqq
slot demo
slot pulsa
slot zeus
pragmatic88
slot gacor
slot vip
slot88
casino online
slot gacor
PG SLOT
slot bonus new member 100
slot pulsa

Pihaknya juga menunggu hasil pemeriksaan lanjutan dari KSOP Kelas II Samarinda serta keputusan Mahkamah Pelayaran terkait apa yang menjadi sebab terjadinya penabrakan. Terlebih lagi hingga saat ini belum terkonfirmasi perusahaan serta kepemilikan ponton tersebut.

“KSOP Kelas II Samarinda juga harus Profesional dalam hal ini, jangan sampai ada yang di tutup- tutupi. PT apa dan kapalnya siapa, sehingga bisa di tindak tegas menurut aturan hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Dia menambahkan, bahwa dalam Permenhub No. 8/2022 Pasal 25 sebagaimana di maksud dalam pasal 24 mempunyai tugas dan wewenang mengkoordinir kegiatan disektor perairan. Sebelum angkutan laut berlayar maka nahkoda memberikan clearing declaration kepada Syahbandar.

Kemudian syabandar sebelum memberikan port clearance harus memeriksa dokumen dan kelayakan kapal serta untuk menjamin landasan hukum pengawasan dan penegakan hukum agar meminimalisir kecelakaan angkutan laut dalam berlayar.

donovancreative.com
PKV Games
Slot pulsa 5000
Situs judi bola
slot5000
Judi Bola
rtp slot
dominoqq
gacor88
rtp live
judi piala dunia
slot gacor
bandarqq
slot pulsa
IDN SLOT
dominoqq
slot pulsa
pragmatic88
slot demo
slot pulsa
slot gacor
IDN POKER
dominoqq
slot deposit pulsa
slot deposit pulsa
slot pulsa
slot pulsa
slot pulsa
slot gacor
slot777
dominoqq
deposit pulsa tanpa potongan
slot online
slot dana
dominoqq
pkv games
slot pulsa
slot pulsa
pkv games
slot gacor
dominoqq
dominoqq
pkv games
slot deposit pulsa
pkv games
idn slot
slot pulsa
slot gacor
slot deposit pulsa
slot deposit pulsa
Gacor88
slot deposit pulsa
pkv games
slot dana
slot777
slot dana
PKV GAMES
slot demo
slot pulsa
slot777
slot deposit pulsa
slot
slot dana
bandarqq
pgsoft
pkv games
pkv games
pkv games
pkv games
pkv games
slot gacor
slot hoki
slot gacor
slot pulsa
pkv games
pkv games
slot pulsa
pg soft
slot pulsa
slot777
slot ovo
slot dana
pkv games
pkv games
slot gacor
slot gacor
link gacor
slot demo
slot demo
IDN Slot
joker123
parlay
slot pulsa
slot gacor
slot gacor
dominoqq
pkv games
dominoqq
bandarqq
slot pulsa
PG SLOT
slot bonus new member 100
situs slot gacor
slot777
pkv games
slot777
slot gacor
slot gacor
bandarqq
dominoqq
slot demo
slot pulsa
slot zeus

“Dari sekian banyak kecelakaan kapal, potensi terbesar human error. dari sekian banyak peristiwa kecelakaan tersebut, publik tidak pernah mendengar adanya penegakan hukum terhadap pelaku, khususnya dari kalangan pengusaha dan syahbandar, jikapun ada yang dijatuhi hukuman hanya terbatas kepada Anak Buah Kapal (ABK) khususnya nahkoda padahal sebenarnya yang paling bertanggung jawab seharusnya adalah pengusaha dan Syahbandar,” tegasnya.

Sebagai penutup dalam hal ini KSOP Kelas II Samarinda yang mempunyai wewenang dan bertanggung jawab daerah teritorial perairan akibat insiden kecelakaan kapal ponton ini.

Maka dengan ini, sikap HMI Cabang Samarinda melalui Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Pemuda dan Organisasi Muhammad Fahri dan Bidang Partisipasi Pembagunan daerah Akan menelusuri dan melakukan Konsolidasi internal. Mendesak agar segera mengusut tuntas terkait insiden tersebut.

[Asg|Anl]