MDMC Kutim Kirim Logistik dan Relawan Bencana Banjir di Kalsel dan Gempa Bumi di Sulbar

  • Bagikan
MDMC Kutim Kirim Logistik dan Relawan Bencana Banjir di Kalsel dan Gempa Bumi di Sulbar
MDMC Kutim Kirim Logistik dan Relawan Bencana Banjir di Kalsel dan Gempa Bumi di Sulbar

Infokaltim.id, Sangatta- MDMC (Muhammadiyah Disaster Managemen Center) Kutai Timur kirim bantuan logistik dan relawan untuk membantu para korban banjir di Kalimantan Timur dan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

Diketahui bencana banjir yang melanda sejumlah kabupaten dan kota di Kalsel yang terjadi pada 9 Januari 2021 lalu, yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Banjir yang merendam mayoritas wilayah Kalsel ini ditetapkan sejak 14 Januari 2021 mengakibatkan kerusakan bangunan rumah warga dan fasilitas umum lainnya, hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

Sementara, belum usai duka banjir di Kalsel, tepat 14 Januari 2021 terjadi gempa bumi terjadi di Sulawesi Barat (Sulbar) yang meluluh lantakan bangunan termasuk kantor Gubernur Sulbar dengan guncangan sebesar 5,9 Magnitudo.

Kendati demikian, MDMC Kutai Timur (Kutim) bergegas dalam misi kemanusiaan untuk membantu meringankan beban para korban banjir di Kalsel dan Gempa Bumi di Sulbar dengan mengirim bantuan logistik dan relawan-relawan yang tergabung dalam MDMC Kalimantan Timur yang menangani layanan kebencanaan bertindak cepat.

Unsur Pimpinan MDMC Kutim, Yakub Fadillah menyebutkan relawan Muhammadiyah berbagai daerah di Kaltim baik dari Samarinda, Balikpapan, Kukar, PPU dan Paser pun diberangkatkan dengan support dari Lazismu dan seluruh elemen Muhammadiyah lainnya.

“15 relawan tahap satu itu dikirim 10 relawan ke Sulbar dan 5 ke Kalsel. Namun dalam pantauan dan evaluasi layanan, ternyata Kalsel ,juga memiliki dampak bencana banjir yang sangat serius, rusaknya infrastruktur akibat terjangan banjir juga turut melumpuhkan ekonomi dan kehidupan sosial termasuk sulitnya akses para relawan,” sebut Yakub Fadillah, saat di hubungi Via WA, Rabu (27/01/2021).

Salah satu lokasi dampak banjir yang parah adalah Hulu Sungai Tengah, termasuk ke pedalaman Meratus diantara akses utama jembatan di Kecamatan Hantakan sebagai penghubung antar kampung juga banyak yang larut diterjang oleh arus banjir.

Lebih lanjut kata Yakub Fadillah, bencana yang beruntun menimpah negeri ini menjadi perhatian serius bagi MDMC, sehingga seluruh elemen Angkatan Muda Muhammadiyah Kutim untuk mengirim logistik dan menjadi relawan dilokasi bencana dan gempa bumi.

“Kami mengkoordinir aksi penggalangan dana baik dari internal maupun eksternal. Sementara terkumpul dana sebesar Rp. 40.452.600 dengan proses penggalangan dana masih mungkin berlangsung tergantung pada kondisi kebutuhan layanan kemanusiaan di lokasi bencana yang dimaksud yaitu Kalsel dan Sulbar, bahkan untuk donasi yang berwasiat kami Bersama Lazismu akan selurkan sesuai wasiat lokasi yang dimkasud,” papar Yakub Fadillah.

Selian itu, kata salah satu Relawan MDMC Kutim, Kevin Prayoga, bahwa pihaknya pun mengirim logistik berupa pakaian yang masih layak pakai yang telah di sortir di markas MDMC Muhamamdiyah Kutim di GDM Kutim yang berada di Jalan AW Syahrani KM 4, penyortiran ini dilakukan agar mempermudah para relawan di lapangan bekerja dan semua berguna tepat sasaran.

Sedangkan kata koordinator lapangan MDMC Muhammadiyah Kutai Timur Imam Ashari menyampaikan bahwa Kutai Timur mengirimkan 6 relawan yang sudah dibekali ilmu kebencanaan yang akan berangkat pada 31 Januari 2021 sesuai dengan pengaturan jadwal dari MDMC Muhammadiyah Propinsi Kalimantan Timur.

“Kami menyesuaikan jadwal mereka akan bekerja di sana selama sepekan dan berganti shift dengan relawan dari daerah lain di Kaltim, saya berharap agar kita semua mendo’akan para relawan yang kita kirim ini selalu sehat, tegar dan sabar dalam memberikan pelayanan,” ungkap Imam

Pelepasan pengiriman logistik dan relawan MDMC Kutim yang dipimpin oleh ketua PDM Kutim, Syafruddin Syam dengan berpesan kepada relawan agar bekerja ikhlas, bersungguh,-sungguh dalam membantu korban, sabar dan jaga kesehatan.

Dia mengapresiasi kepada seluruh masyarkat Kutim yang telah berdonasi melalui LazisMu, semoga menjadi berkah.

“Saya atas nama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kutai Timur juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan donasinya melalui Muhammadiyah yang disalurkan melalui Lazismu Kutai Timur, semoga donasinya menjadi amal jariyah yang tidak terputus sehingga bernilai ibadah,” ucap Syafruddin.

[SDH]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.