Perkuat Kerjasama dengan Masyarakat setiap Proses Pembangunan, Kelurahan Bontang Kuala Resmi Bentuk LPM

  • Bagikan
Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan Saputro (kedua dari kiri) menyerahkan SK kepada Ketua LPM Bontang Kuala. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Bontang- Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, secara resmi membentuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Bontang Kuala masa bakti 2022-2027.

Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan Saputro menjelaskan, LPM merupakan lembaga yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah.

Hal itu dibentuk, disebutkan Suiza, bertujuan untuk menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dibidang pembangunan maupun sosial.

“Tentunya partisipasi masyarakat yang akan dikembangkan melalui LPM ini mencakup aktifitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan, terutama di tingkat kelurahan,” jelas Suiza saat ditemui di kantornya, Kamis (23/06/2022).

Dia mengungkapkan, LPM nantinya akan hadir menjadi pendamping masyarakat dan mengawasi setiap usulan dari rembuk warga, yang akan di usulkan ke dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ditingkatkan kelurahan hingga ke tingat kecamatan.

Pasca pembentukan LPM itu, tugas perdana LPM Bontang Kuala, diungkapkan Suiza, bahwa seluruh pengurus LPM diinstruksikan untuk menginventarisir bangunan-bangunan cagar budaya yang ada di kelurahan tersebut, kemudian diserahkan ke Pemkota Bontang.

“Kami sengaja meminta LPM untuk menginventarisir cagar budaya yang ada di kelurahan. Agar bangunan tersebut mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Karena sudah banyak aset yang termakan usia atau sudah rusak,” jelasnya.

Dia mengharapkan, LPM Kelurahan Bontang Kuala dapat berkolaborasi dengan semua pihak guna meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

“Saya berharap LPM ke depannya semakin memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat khususnya dalam menampung aspirasi masyarakat di bidang pembangunan,” harapnya.

[Faz | Ard | Adv Diskominfo Bontang]

  • Bagikan