Silaturahmi dan Pelepasan Santri/Siswa SMP Muhammadiyah 5 Samarinda

  • Bagikan
Suasana pelepasan santri SMP Muhammadiyah 5 Samarinda. (Infokaltim.id/Uzn).

Infokaltim.id, Samarinda- Empat hal progres SMP Muhammadiyah 5 Samarinda dalam setahun dilaporkan oleh Agus Toto Suriyanto, selaku kepala sekolah dalam acara Wisuda Santri Angkatan ke-32 yang diadakan di Kompleks Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah Jl. KH. Wahid Hasyim, Ahim 1 Sempaja Timur, Rabu (18/05/2022).

Pertama, di menyampaikan bahwa prestasi siswa dalam lomba Milad ke- 109 Muhammadiya, SMP Muhammadiyah 5 menjadi juara umum untuk jenjang SMP/MTS Muhammadiyah se Samarinda untuk kali ke tujuh secara berturut turut.

Kedua, lanjut dia, awal tahun tepatnya tanggal 27 Januari 2022 lalu kembali menjadi juara umum dalam perhelatan kejuaraan pencak silat antar pesantren se-kota samarinda

Dalam memberikan bekal kecakapan hidup hidup atau life skill SMP Muhammadiyah 5 telah membangun kesepakatan kerjasama (MoU) dengan SMK Negeri 3 Samarinda di dalam tiga bidang kecakapan yaitu tata boga, tata rias dan menjahit

Perencanaan ke depan SMP Muhammadiyah 5 akan membangun model paperless school dengan menyiapkan android smart TV 70 inch yang dipasang dikelas dan terhubung wifi dan akan bekerjasama dengan UMKT untuk belajar sistem IT nya, sehingga ditahun ajaran baru 2022 2023 para santri akan wajib membawa laptop guna mewujudkan hal tersebut.

Sejumlah 60 Santri kelas IX terdiri atas 26 santriwan dan 34 santriwati di wisuda. Salah satu siswa atau santriwan atas nama Muhammad Royyan Amanullah lulus dengan capaian tertinggi dalam hafalan Alqur’an sebanyak 30 juz.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 5 Samarinda, Agus Toto Suriyanto. (Infokaltim.id/Uzn).

Kegiatan ini bertujuan untuk silaturahim antara orang tua wali, guru, pengasuh, dan para Pimpinan Muhammadiyah sekaligus prosesi kelulusan santri tingkat menengah.

Dalam sambutan, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Samarinda, Masumi berpesan agar para santri yang diwisuda menjaga akhlak mulia dan menjadi santri yang terampil.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samarinda Utara, Taufik Rahman dalam sambutannya menyampaikan, apresiasinya terhadap santri yang melakukan wisuda.

“Alhamdulillah dari 60 santri yang diwisuda, 40 santri diantaranya telah mendaftarkan diri melanjutkan ke SMA Istiqamah yang merupakan satu atap terpadu dengan SMP Muhammadiyah 5 dalam naungan Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah Samarinda.”

Lanjutnya, Taufik Rahman menghimbau 20 santri lainnya untuk segera mendaftarkan diri ke SMA Istiqamah sehingga lengkap bisa belajar 6 tahun di pondok.

Direktur Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah, Ustadz Jaswadi, dalam acara tersebut menyampaikan progress pembangunan kampus 2 di Villa Batu Indah dan kampus 3 di daerah Sungai Siring dalam upaya pengembangan pondok pesantren Istiqomah.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Rektor 2 Universitas Kalimantan Timur, Suwoko, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltim yang membidangi Pondok Pesantren, Kyai Siswanto Sunandar.

[Uzn | Ard]

  • Bagikan