Sukseskan Program GNRM, Dispora dan DPTPH Kaltim Gelar Tanam Pohon Jeruk di Kompleks Stadion Utama Palaran

  • Bagikan
Kadispora Kaltim Agus Tianur saat menanam pohon jeruk di Stadion Palaran. (Infokaltim.id/Ist).

Infokaltim.id, Samarinda- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim berkerjasama dengan Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DPTPH) melaksanakan kegiatan penanaman 500 bibit pohon jeruk di Kompleks Stadion Utama Palaran, Jum’at (17/06/2022).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim menindaklanjuti Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Kadispora Kaltim Agus Tianur menegaskan, GNRM adalah gerakan untuk mengubah cara pandang, pola pikir, sikap-sikap, nilai-nilai dan perilaku bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

GNRM dengan kata lain sebagai gerakan hidup baru bangsa yang kita cintai ini, dimana terdapat tiga nilai-nilai dasar didalamnya yakni integritas, etos kerja dan gotong royong.

“Nah yang kita lakukan hari ini adalah gotong royong bersama-sama menjaga keberlangsungan lingkungan hidup di sekitar kita,” ucap Agus.

Dispora sejak Maret tahun lalu melahirkan program 1.000 tanaman buah di Kompleks GOR Kadrie Oening Sempaja dan Stadion Utama Palaran. Awalnya tanaman buahnya berasal dari sumbangan para pegawai Dispora yang dikoordinir oleh UPTD Pengelola Prasarana Olahraga (PPO).

Penanaman pohon bukan sekedar untuk penghijauan saja, tetapi pohon yang ditanam merupakan pohon yang bisa berbuah yang banyak manfaatnya. 

“Tujuan awal kita agar masyarakat pengguna kedua kompleks olahraga ini terutama yang berolahraga dapat menghirup udara yang segar di mana pohon-pohon berfungsi menyaring udara dengan daun dan batangnya,” jelasnya.

Sementara, Kepala DPTPH Kaltim, Siti Farisyah Yana menyampaikan bibit yang ditanam kali ini merupakan bibit unggul, apabila benar cara penanamannya akan menghasilkan buah dalam jangka waktu enam bulan.

“Harapan kita bersama, agar pengguna dua kompleks olahraga ini, tak hanya berolahraga namun juga dapat berwisata buah,” pungkasnya.

[Ard | Adv Diskominfo Kaltim]

  • Bagikan